Kesedihan orang beriman di penghujung Ramadhan

halalbener.com – Waktu yang begitu cepat berlalu membuat kita berada di penghujung waktu Ramadhan. Sedikit lagi Ramadhan bulan yang penuh ampunan ini akan meninggalkan kita, padahal sepertinya kita belum beribadah secara maksimal di bulan yang sangat mulia ini. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling penuh keberkahan dan di bulan ini lah pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Begitupun juga di bulan ini setan di belenggu.

Keistimewaan lainnya yang terdapat di bulan ramadhan adalah amalan-amalan sunah diganjar dengan pahala amalan wajib dan seluruh pahala kebajikan dilipatgandakan hingga tidak terbatas. Hal ini membuat para sahabat Nabi dan orang-orang salih bersedih karena Ramadhan akan meninggalkan mereka.Orang-orang salih dan beriman akan merasakan kesedihan dan bahkan meneteskan air matanya ketika bulan Ramadhan akan pergi meninggalkannya, dengan harapan dan doa agar mereka dapat dipertemukan lagi dengan bulan yang penuh kemuliaan, ampunan serta keberkahan yang akan datang.


Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam mengingatkan bahwa pada bulan Ramadhan, seluruh umat muslim dapat di ampuni dosa-dosanya. Jika saja pada bulan Ramadhan ini seseorang belum mendapatkan ampunan, benar orang-orang itu akan rugi atau bahkan celaka. Seperti yang terdapat pada HR.Hakim dan Thabrani “Celakalah seorang yang memasuki bulan Ramadhan namun dia tidak diampuni“. Bagaimana seseorang bisa menjamin bahwa mereka diampuni di bulan Ramadhan ini? Sementara itu jika tidak mendapat ampunan akan mendapatkan celaka. Dan inilah yang menjadi ketakutan bagi para sahabat Nabi dan orang-orang shalih, yaitu mereka takut sekiranya menjadi orang yang celaka karena tidak mendapatkan ampunan sedangkan bulan Ramadhan akan segera pergi.
Sepatutnya semua umat Muslim bersedih karena akan ditinggalkan oleh bulan Ramadhan. Terlebih lagi, kita tidak tahu apakah kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun berikutnya. Namun yang terpenting adalah kita tetap selalu istiqamah. Semakin banyak & taat beribadah kepada Allat SWT setelah bulan Ramadhan.

Semoga kita semua termasuk kedalam hamba Allah yang di ampunin dosa-dosanya pada bulan Ramadhan ini. Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan doa dan permintaan kita. Dan juga semoga kita dapat dipertemukan kembali oleh bulan Ramadhan selanjutnya dengan hati yang tetap istiqomah.