Keistimewaan bulan Syawal

halalbener.com – Bulan Syawal adalah salah satu bulan istimewa dan mempunyai keutamaan. Bulan Syawal adalah bulan setelah Ramadhan dan bulan kesepuluh dalam kalendar Hijriyah. Pada bulan ini di harapkan dan di anjurkan bagi umat Muslim tetap meningkatkan ibadah mereka seperti yang terjadi pada bulan pengampunan yaitu bulan Ramadhan. Sehingga amalan-amalan yang dilakukan tidak berakhir begitu saja di bulan Ramadhan. Karena bulan Syawal juga memiliki banyak keistimewaan, diantara nya adalah

Diawali dengan Idul Fitri
Tanggal 1 Syawal merupakan momen hari raya Idul Fitri yang dimana merupakan momen yang sangat di nantikan oleh Umat Muslim karena hari tersebut merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim.

Diawali dengan menggemanya takbir
Kita semua sebagai umat Muslim pasti akan mengumandangkan Takbir untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Tentunya, kita juga sekaligus menyambut datangnya Bulan Syawal dengan terus menerus mengumandangkan takbir di Malam hari menjelang bulan Syawal sampai dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal.

Bulan kembali ke fitrah
Tibanya 1 Syawal merupakan hari kemenangan bagi umat muslim di seluruh penjuru negeri, karena umat muslim telah menahan segala godaan dan hawa nafsu selama 1 bulan penuh di Bulan Ramadhan. Maka dari itu Bulan Syawal adalah bulan kembalinya umat Muslim kepada fitrahnya

Bulan silahturahmi
Pada bulan ini lah umat Muslim di seluruh dunia paling banyak melakukan Silahturahmi kepada keluarga, tetanggan maupun sahabat. Bahkan banyak yang berpulang ke kampung halamannya untuk bersilahturahmi serta merayakan hari Idul Fitri. Tak hanya itu, di jaman era digital sekarang ini, banyak juga yang menyambung silahturahmi menggunakan Media Sosial, telepon, SMS, Vidio Call dan lain-lain.

Bulan untuk berpuasa Sunnah
Pada bulan Syawal, di anjurkan untuk melakukan puasa Sunnah selama 6 hari kecuali pada tanggal 1 Syawal. Puasa ini memiliki keutamaan khusus yaitu seperti berpuasa selama setahun penuh sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

Bulan baik untuk menikah
Bulan Syawal merupakan salah satu bulan baik untuk melaksanakan pernikahan. Hal ini juga untuk menghapus khurafat atas pemikiran dan tradisi jahiliyah yang tidak ingin melakukan pernikahan pada bulan Syawal karna takut ditimpan musibah maupun celaka. Keyakinan itu di percayai oleh kaum Jahiliyah karena pada suatu tahun, Allah SWT menutukan wabah penyakit pada bulan Syawal sehingga banyak orang yang meninggal termasuk beberapa pasangan pengantin dan sejak saat itu kaum Jahiliyah tidak ingin melangsungkan pernikahan pada Bulan Syawal.Lalu Rasulullah SAW membuktikan sendiri bahwa bulan Syawal adalah bulan yang baik untuk menikah dengan dia menikahi Siti Aisyah. Selain Siti Aisyah, Rasulullah SAW juga menikahi Ummu Salamah pada bulan Syawal.